Header Ads

Komposisi Dan Pembuatan Pelet Ayam



Dalam Peternakan terpenting ternak ayam pedaging hal yang sangat memang perlu diperhatikan merupakan pemberian pakan. Pakan ayam sebaiknya memiliki nutrisi tinggi sesuai dengan yang diperlukan ayam sepeti protein, serat, karbohidrat, lemak mesti terpenuhi supaya perkembangan ayam tidak terhalang hingga akan cepat tumbuh besar, lebih berbobot angka kematian dikit, kebal pada penyakit lebih kuat, harga jual bertambah serta waktu panenpun semakin lebih berkaitan cepat.



Permasalahannya adakah pakan ayam yang dapat dapat membuahkan semacam itu semuanya?. Memang di market banyak yang jual beragam jenis merk pakan ayam, tapi menurut saya bila semacam itu selalu di kerjakan jadi pengasilan kita sebagai peternak akan sulit untuk mendapat keuntungan, mengapa? Ya... karena setiap waktu harga pakan makin mahal walau harga jual ayam pedging juga alami kenaikan harga. 
Dari situlah saya coba membuat pakan ayam (pur) sendiri dengan memakai yang ada di sekitar lingkungan saya. 

Di bawah ini saya akan coba menuturkan langkah membuat pur (pakan ayam) terutamanya untuk starter. 

Bahan bahan yang di butuhkan : 
Tepung ikan = 24% 
Kedelai = 11% 
Jagung = 30% 
Bekatul = 26% 
Dedak = 5% 
Vitamin = 2% 
Kunyit = 1% 
Sayuran = 1% 
Air bersih secukupnya 

Kajian bahan yang di pakai : 
1. Tepung ikan 
Tepung ikan kami memakai keong atau ikan teri (ikan teri bias beli di pasar ikan teri palanya saja harga nya lebih murah, lalu dijemur sampai kering, sesudah kering lantas digiling, karena sekala rumahan jadi untuk menggilingnya saya memakai jus untuk melembutkan mumbu. 
2. Kedelai 
Kedelai jika dilingkugan anda ada pabrik pembuat tahu jadi pakailah ampas tahu, tetapi jika tidak ada anda anda bias beli kacang kedelai, lantas digiling atau di tumbuk sampai berubah menjadi tepung. (tidak tyerlalu halus juga tidak jadi masalah yang terpenting anak ayam bias menelannya) 
3. Jagung 
Inipun sama anda bias memblinya di pasar atau anda mempunyai pohon jagung yang telah tua serta kering, serta giling atau tumbuk hingga sampai halus seperti cuma kacang kedelai. 4. Bekatul 
Untuk bekatul saya memakai Benyer (beras kecil kecil hasil pengayakan atau bekas pengilingan padi atau anda bias memakai nasi yang tidak setelah lantas di jemur sampai kering serta diling atau tumbuk sampai halus. 
5. Dedak 
Untuk dedak pakai dedak yang halus umumnya di pabrik penggilingan padi tersedia banyak. serta harganyapun cukuplah murah. 
6. Vitamin. 
Untuk vitamin anda bias beli ke toko pakan ayam. 
7. Kunyit 
Kunyit anda bias ambillah ditempat istyri anda menaruh bumbu dapur atau anda bias membelinya di pasar, atau anda mempunyai tanamannya sendiri ambillah saja lantas parut. 
8. Sayuran 
Untuk sayuran anda bisa memakai, daun papaya, daun bayam, kangkung, daun mengkudu, daun pete cina, ataua yang lain yang ringan didapatkan di sekitar lingkungan anda. 
9. Air 
Air dipakai untuk membuat adonan 

Tehnis cara membuat pakan ayam atau pur (pelet). 
Sesudah semuah bahan ada serta telah berupa tepung dengan komposisi yang telah sesuai ukuran masing masing bahan selajutnya merupakan : 


a. Campur bahan bahan di atas (tepung ikan, jagung, kedelai, bekatul, dedak, vitamin kunyit serta sayuran) aduk hingga sampai homogen imbuhkan air seperlunya jangan pernah encer hingga bahan bahan itu seperti adonan. 
b. Kukus atau di uapi adonan seperti kita menanak nasi hingga sampai masak, maksudnya supaya pakan ayam tidak cepat basi. 
c. Sesudah masak, angkat serta Bentuklah adonan sesuai dengan ke inginan anda. 

Diketahui ada tiga bentuk pakan yakni : 
1. Bentuk tepung 
Langkah membuatnya begitu simpel, yakni adonan yang telah dikukus dijemur diratan hingga sampai tipis supaya cepat kering, sesudah kering di remas remas supaya hancur seperti tepung (janganlah sangat halus) 
2. Bentuk Crumbl ; es (butiran pecah) 
Adonan di input dalam ayakan yang berlubang sekalian di tekan tekan sampai butiran berjatuhan, lalu butiran butiran itu jemur sampai kering. serta pakan siap diberikan. Cara Kerja Mesin Crumble KLIK DISINI...
3. Bentuk Pelet 
Untuk membuat pakan ayam bentuk ppelet, adonan yang telah dikukus yang barusan input dalam penggilingan daging sambal sampai keluar bentuk memanjang. Lalu di potong potong serta di jemur sampai kering. Cara Kerja Mesin Cetak Pelet KLIK DISINI...


Komposisi diatas di peruntukan untuk anak ayam (starter), Demikian selintas cara membuat pakan ayam atau PUR (pelet) mudah-mudahan berguna

Sumber  : http://kerajinanhomeindustry.blogspot.com/2015/12/cara-membuat-pakan-ayam-atau-purplet.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.