Header Ads

Langkah Membuat Pakan Ayam Dengan Bahan Alami


Sekarang ini dipasaran sangat banyak pakan ayam yang siap gunakan. Dari yang bernilai murah sampai yang mahal semuanya ada. Tinggal kita ingin pilih yang mana, pastinya sesuai dengan keperluan serta biaya yang ada. Tidak hanya praktis, dengan beli kita tidak menghabiskan waktu banyak dibanding dengan kita membuat sendiri pakan untuk ayam-ayam kita. Tetapi jika kita memiliki banyak unggas di rumah, banyak biaya yang perlu kita mengeluarkan per bulannya. Belum juga kandungan pakan ternak yang belumlah dapat ditanggung nilai gizinya. 

Memang semakin lebih merasa menyenangkan jika kita dapat membuat pakan untuk ternak kita sendiri. Selain lebih menghemat pengeluaran, kita dapat juga memberi pakan untuk ayam kita dengan bahan yang aman. Bagaimanapun, pakan yang dikonsumsi oleh ayam akan punya pengaruh pada produksi telur serta daging. 



Pakan yang baik memiliki kandungan zat-zat gizi yang diperlukan oleh ayam : 

protein, karbohidrat, lemak, air dan sebagainya. Perlu untuk diketahui jika persentase untuk ayam pedaging serta petelur berlainan. Keperluan akan gizi ayam buras (ayam kampung) lebih rendah dibanding dengan ayam ras. Jadi tidaklah heran jika perkembangan ayam ras lebih cepat dibanding ayam buras. 

Berdasar pada bahan untuk pakan ternak unggas, bisa dikelompokkan berubah menjadi 3 sisi : 

Bahan nabati seperti biji-bijian (jagung, kacang-kacangan), dedak, bekatul, beras merah 

Bahan hewani seperti bekicot, keong, tepung ikan, tepung tulang, tepung kerang. Tepung ikan bisa tingkatkan produksi. Juga kandungan calsium cukuplah tinggi. 

Bahan dari limbah industri udang 

Sebelum membuat pakan, kita mesti tahu dahulu pakan untuk ayam apa yang akan kita buat. Bila untuk ayam kampung juga pedaging, persentase tepung ikan lebih dikit bila dibanding bila kita membuat untuk pakan ayam petelor. Ini mempunyai tujuan untuk mengoptimalkan hasil produksi supaya pas manfaat. 

Sesudah tahu beberapa bahan yang dipakai untuk pakan ternak, mari kita mulai membuat pakan ternak untuk unggas dengan beberapa bahan yang ringan kita jumpai di sekitar kita : 

Bahan biji-bijian seperti kacang hijau, kedelai serta jagung memang perlu di rendam di air supaya lebih ringan waktu penggilingan. Sesudah mengembang, selekasnya digiling dengan memakai penggiling daging. Sesudah usai digiling, sisihkan. 

Buah-buahan serta sayur-sayuran seperti pepaya, kubis/kol, bayam, kangkung iris kecil-kecil juga. Untuk pepaya memang perlu dikupas kulitnya terlebih dulu. Bila di tempat anda ada enceng gondok, dapat dipakai juga. 

Campur dedak, katul, air gula, kombinasi buah-buahan, sayur-sayuran juga biji-bijian yang sudah digiling halus. Imbuhkan dengan tepung ikan. Sesudah tercampur rata selekasnya kukus sampai masak. Bila untuk sekali gunakan, tanpa dikukus secara langsung dikasihkan ke unggas tidak apa-apa. Tetapi bila untuk stock sepanjang beberapa waktu, langkah yang pas merupakan dikukus terlebih dulu. 

Usai dikukus, selekasnya digiling supaya halus serta tercampur rata. 


Step paling akhir dengan dijemur di bawah cahaya matahari. Yakinkan dalam kondisi yang kering sebelum anda menyimpannya. 

Nah, ringan kan? Saat ini anda tidaklah terlalu tergantung pada pakan ternak yang di jual dipasaran. Tidak hanya lebih irit, beberapa bahan di atas ringan didapati di sekitar kita, ringan langkah membuatnya serta yang tentu bebas berbahan pengawet. Dengan demikian anda bisa mendesak pengeluaran disebabkan mengkonsumsi pakan yang banyak untuk unggas anda. 

Selamat coba, mudah-mudahan berguna.

Sumber : https://hobiternak.com/cara-membuat-pakan-ayam-yang-terbuat-dari-bahan-alami-untuk-menjaga-kesehatan-ayam-danmenekan-biaya-pakan-ternak/

1 komentar:

  1. Lagi cari Agent Sbobet terbaik zaman now???
    mari bergabung segera dengan kami
    Free Register

    Klik >>>>>>> Daftar Sbobet

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.