Header Ads

Membuat Pelet Sapi Sederhana



Peristiwa sapi mati setelah mengonsumsi rumput yang mencari di persawahan, sangatlah kerap berlangsung, ini musababnya karena rumput itu tercemar dengan obat pestisida. 

Jadi lalu muncul inspirasi, bagaimana bila di kasih makan pelet saja…. Aneh ya …. memang semacam itu, suatu penemuan baru, bermula dari hal yang kelihatannya mengada ada serta umumnya hampir tetap, penemuan baru itu bertentangan dengan keilmuan teori. Tetapi ndak ayah, tinggal kelak hasil akhir bagus ataukah tidak, akan menimbulkan keilmuan teori yang lebih baru lagi serta itu normal….. 

Untuk hewan ruminansia besar sapi…di samping pemberian pellet dapat juga diberi Wafer jerami atau rumput. Ini seperti Hay serta silasem Hanya Wafer jerami rumput ini umumnya di bikin block supaya ringan dalam pengaturan di gudang waktu musim kemarau tiba 

Cara membuat Pelet Sapi 

Bahan : 
Jagung : 30 kg 
Bekatul : 15 kg 
menir : 15 kg 
Pollard : 15 kg 
Bungkil kedelei 25 kg 
Minyak goreng 0, 5 kg 
Mineral Vitamin : 2-3 kg 
Bahan pengawet : 0, 02 % 

Nilai nutrisi yang di bisa merupakan CP 18% serta EM 2762 Kcal/kg, minyak goreng + mineral + vitamin dapat pakai vitachick +bahn pengawet termasuk juga dalam penambahan saja. Dapat di imbuhkan tepung kanji 0, 5 kg. 

Langkah membuatnya : 
Semuanya bahan yang di katakan giling jadi tepung lantas mix sampai tercampur rata homogeny, bahan penambahan semuanya juga digabung pada mix kesempatan ini. Lantas perciki bahan yang barusan dengan air hangat, buat adonan jadi “ pero “ setelahitu bisa langsung di bikin pellet atau di kukus dahulu 30 menit terhidung dari air mendidih, dinginkan lantas bikin pellet kemudian jemur atau input oven sampai kering lantas dapat di kemas, di gunakan sendiri atau di komersilkan. 


Atau vs alternative ke dua : 

Bahan : 
Ampas tahu 
Kleci kulit ari kedelei 
Blendungan kacang Hijau 
Bungkil kelapa atau ampas kelapa 
Katul 
Jagung

Sumber : http://bumiternak-betha.blogspot.com/2013/05/pellet-untuk-sapi-kambing-domba-kelinci.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.