Header Ads

VARIAN Ransum Untuk Pakan Ternak Lengkap



Ransum merupakan pakan jadi yang siap dikasihkan pada ternak yang disusun dari beberapa type bahan pakan yang telah dihitung (dikalkulasi) awal mulanya berdasar pada keperluan industri serta daya yang dibutuhkan. (Anonim a 2008). Menurut (Anonim a 2008) berdasar pada memiliki bentuk ransum dibagi jadi 3 type : yakni mash, pelet, serta crumble. Mash merupakan bentuk ransum yang sangat simpel yang disebut kombinasi serbuk (tepung) serta granula. Pellet merupakan ransum yang datang dari beberapa bahan pakan dengan perbandingan komposisi yang sudah dihitung serta dipastikan. Bahan itu di proses memakai mesin pellet (pelletizer) untuk kurangi loss nurisi berbentuk yang lebih utuh. Ransum berupa pelet yang dipecah jadi 2-3 sisi untuk mengecilkan ukurannya supaya bisa dikonsumsi ternak. Keunggulan ransum berupa pellet merupakan distribusi bahan pakan lebih rata hingga loss nutrisi ringan dihindari serta tidak tercecer pada saat dikonsumsi ternak. Berdasar pada kandungan gizinya, konsentrat dibagi dua kelompok yakni konsentrat menjadi sumber daya serta menjadi sumber protein. Konsentrat menjadi sumber protein jika kandungan protein lebih dari 18%, Keseluruhan Digestible Nutrision (TDN) 60%. Ada konsentrat yang datang dari hewan serta tumbuhan. Datang dari hewan memiliki kandungan protein lebih dari 47%. Mineral Ca lebih dari 1% serta P lebih dari 1, 5% dan kandungan serat kasar di bawah 2, 5%. Misalnya : tepung ikan, tepung susu, tepung daging, tepung darah, tepung bulu serta tepung cacing. Datang dari tumbuhan, kandungan proteinnya di bawah 47%, mineral Ca di bawah 1% serta P di bawah 1, 5% serat kasar lebih dari 2, 5%. Misalnya : tepung kedelai, tepung biji kapuk, tepung bunga matahari, bungkil wijen, bungkil kedelai, bungkil kelapa, bungkil kelapa sawit dan lain-lain. Konsentrat menjadi sumber daya jika kandungan protein di bawah 18%, TDN 60% serta serat kasarnya lebih dari 10%. Misalnya : dedak, jagung, empok serta polar. (Anonimb 2009). 

Bentuk serta Type Pakan : Berdasar pada memiliki bentuk ada tiga type pakan, seperti yang diuraikan berikut ini. 
1. Mesh (berupa tepung) : Bentuk ini adalah bentuk ransum yang umum tampak. Bahan yang diambil jadi ransum digiling halus lalu digabung jadi satu. Ransum bentuk ini mengakibatkan ayam tidak dapat pilih bahan pakan yang disukai. Hal seperti ini berdasar pada karakter serta langkah makan ayam yang lebih suka mengonsumsi pakan yang berbentu butiran serta berwarna. Oleh karenanya ransum yang berupa tepung kurang disenangi ayam. Bentuk ransum yang halus ini mempunyai keuntungan lainnya, yakni ringan diserap usus ayam hingga efisiensinya sangat baik. Ransum bentuk ini bisa dipakai untuk semua usia serta harga nya tambah murah. 

2.Pelet (berupa bulat panjang) : Bentuk ini adalah perubahan dari bentuk tepung. Kekurangan dari bentuk ini merupakan sangat mungkin terjadinya kanibalisme, kurang pas untuk anak ayam 

3.Crumble (berupa pecah/butiran) : Bentuk ini adalah perubahan selanjutnya dari bentuk pellet. Bentuk ini banyak dipakai untuk semua usia ayam broiler. Ransum ini telah umum dipakai oleh peternak karena harga nya tidak semahal ransum bentuk pelet. .

Sumber : http://lukmanulhakim14.blogspot.com/2012/11/pengertian-pakan-mash-pellet-dan-crumble.html

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.