Header Ads

INI SOLUSI Membuat Pakan Lele Alternatif

Image result for lele

Pakan adalah komponen sangat terpenting dalam usaha budidaya ikan, termasuk juga ikan lele. Sialnya, harga pakan lele mahal. Sejumlah besar bahan bakunya di-import. Hal seperti ini banyak dirasakan beberapa peternak ikan. 

Untuk menjawab masalah diatas, sebaiknya kita tahu bagaimanakah cara membuat pakan lele pilihan serta menjadi subtitusi pelet buatan pabrik. Ada dua type pakan pilihan yang akan diuraikan disini, yaitu pakan dari beberapa bahan utama serta pakan yang manfaatkan bahan sisa-sisa. 

Pakan berbahan utama dibikin dari beberapa bahan yang mempunyai kandungan nutrisi sama dengan keperluan ikan lele. Sedangan pakan penambahan didapat dari beberapa bahan organik bekas atau yang harga nya murah serta ketersediaanya melimpah. 

Kandungan nutrisi pakan 
Pakan lele yang baik mesti penuhi rasio pemberian pakan dengan menambahkan berat badan kurang dari satu (Feed Conversion Ratio/FCR1). Berarti, tiap-tiap pemberian pakan sekitar 1 kg akan meningkatkan berat badan sekitar 1 kg. Jadi makin kecil rasio FCR-nya, makin baik pakannya. 

Penyediaan pakan lele untuk pakan utama mesti mempunyai kandungan nutrisi yang komplet. Pakan itu mesti memiliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin serta mineral. Protein berperan menjadi sumber daya utama. Type ikan karnivora seperti lele memerlukan protein yang tinggi yakni lebih dari 35% dari berat pakan. 

Lemak diperlukan menjadi sumber daya penambahan terpenting. Tidak hanya menjadi sumber daya, lemak begitu terpenting untuk keberlangsungan hidup ikan, melarutkan beberapa macam vitamin serta mengawasi kesetimbangan daya apung ikan di air. Menambahkan lemak pada pakan juga memengaruhi perasaan serta kualitas pakan. Lele memerlukan lemak dengan kandungan 4-5 % dari berat pakan. Kandungan lemak tidak bisa terlalu berlebih karena dapat mengakibatkan penumpukan lemak pada usus serta hati ikan, hingga ikan jadi kurang nafsu makannya. 

Karbohidrat terbagi dalam senyawa serat kasar serta bahan bebas tanpa nitrogen. Manfaat utama karbohidrat merupakan menjadi sumber daya. Tidak hanya berperan menjadi nutrisi, karbohidrat dapat juga jadi bahan perekat dalam pembuatan pakan lele. Kandungan karbohidrat pada pakan lele semestinya ada di rata-rata 4-6 %. 

Vitamin adalah zat organik yang diperlukan ikan dalam jumlahnya kecil, akan tetapi peranannya begitu vital. Peranannya untuk menjaga keadaan serta ketahanan badan. Vitamin biasanya tidak bisa disintesis oleh badan ikan, jadi mesti dipenuhi dari luar atau pakan. Keperluan vitamin akan alami penurunan bersamaan dengan perkembangan besar ikan. 

Satu lagi yang diperlukan dalam jumlahnya kecil akan tetapi terpenting, yaitu mineral. Mineral ini mainkan peranan terpenting dalam bangun susunan tulang ikan serta dalam manfaat metabolisme. Mineral terbagi dalam makromineral serta mikromineral. Makromineral yang terdapat pada tubuh ikan salah satunya kalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium (Na), kalium (K), fosfor (K), klorida (Cl) serta sulfur (S). Sedang mikromineral diantaranya besi (Fe), seng (Zn), mangan (Mn), tembaga (Cu), iodium (I), kobalt (Co), nikel (Ni) fluor (F), krom (Cr), silikon (Si) serta selenium (Se). 

Membuat pakan lele alternatif 
Pakan pilihan alternatif pelet dapat kita buat dari beberapa bahan. Kandungan utama pelet yang sangat menguasai merupakan tepung ikan. Tepung ikan dipakai karena kandungan proteinnya yang tinggi serta gizi yang lain. Akan tetapi harga tepung ikan ini mahal, oleh karenanya kita dapat mencampurkannya dengan beberapa bahan lainnya yang tambah murah tanpa kurangi kandungan protein yang ada. 

Pakan lele pilihan yang kita buat mesti sesuai dengan keperluan standard ikan lele untuk tumbuh serta berkembang dengan baik serta cepat (lihat kembali tabel diatas). Karena itu, terdapat beberapa bahan pilihan yang dapat kita temukan, semestinya sebagai referensi merupakan kandungan protein. Tersebut tabel beberapa bahan bersama kandungannya dalam unit % (persen) : 

Bahan Protein Lemak 
Tepung Ikan 62. 99 8. 4 
Tepung Kedelai 36, 6 14. 30 
Bungkil Kelapa 18. 46 15. 73 
Tepung Jagung 10. 40 0. 53 
Dedak Halus 15. 58 6. 8 
Tepung Tapioka 2. 6 2. 6 
Contohnya, kita ingin membuat pakan lele dari kombinasi 50 kg tepung ikan (kandungan protein 62, 9%) dengan 50 kg dedak halus (15, 58%), apa kombinasi itu penuhi keperluan protein ikan lele? 

Jumlahnya protein dalam tepung ikan = 62, 9% x 50 kg = 31, 45 kg 
Jumlahnya protein dalam dedak halus = 15, 58 x 50 kg = 7, 79 kg 
Jumlahnya keseluruhan protein dari tepung ikan serta dedak halus = 39, 24 kg 
Berarti dari keseluruhan berat bahan baku 100 kg didapatkan protein 39, 24 kg atau 39, 24% dari adonan itu merupakan protein. Hal seperti ini memenuhi untuk pakan lele di mana minimum ada kandungan protein kasar sekitar 30%. 
Untuk memperkaya kandungan nutrisi, kita dapat menambahkannya dengan beberapa vitamin ikan yang ada di market. 
Membuat pakan lele tambahan 
Dimaksud pakan penambahan karena maksudnya adalah untuk lengkapi pemberian pakan utama. Kandungan nutrisi pada pakan lele penambahan tidak dapat ditakar dengan pas. Akan tetapi kandungannya masih tetap dapat kita kurang lebih. Pemberian pakan lele penambahan dalam budidaya lele intens dapat mendesak cost pengeluaran pakan, hingga peternak dapat nikmati keuntungan yang semakin besar. Beberapa bahan tersebut disarikan dari pengalaman-pengalaman beberapa peternak lele. 

a. Sampah peternakan unggas 
Mujur buat peternak yang tempatnya dekat dengan peternakan unggas (ayam atau puyuh). Peternakan unggas umumnya membuahkan sampah berbentuk ayam mati dalam jumlahnya yang bertahap. Sampah itu dapat kita pakai untuk pakan lele. Karena ikan lele pada hakekatnya adalan hewan karnivora. 

Bangkai ayam atau puyuh semestinya tidak dikasihkan demikian saja untuk hindari terjangkitnya penyakit pada ikan. Bangkai mesti dibikin bersih terlebih dulu bulu lewat cara di rebus. Tidak hanya menghilangkan bulu, proses perebusan berperan untuk membunuh bibit penyakit yang mungkin saja terdapat dalam bangkai. Perebusan dapat dikerjakan dalam drum-drum besar. 

Sesudah di rebus diamkan bangkai itu sampai dingin, lantas beri pada ikan lele di hari yang sama. Pakan dikasihkan lewat cara digantung serta celupkan pakan di air kolam. Sesudah habis angkat kerangka yang tersisa jangan pernah jadi residu dalam kolam. 

b. Keong mas atau bekicot 
Disebagian tempat, keong mas adalah hama buat petani padi. Kita dapat manfaatkan daging keong yang kaya protein untuk pakan lele penambahan. Keong mas gampang diketemukan di daerah pesawahan. Langkah mengumpulkannya juga gampang, ditambah lagi kalaupun tempat kita berada di pedesaan. Tinggal pasang plang, terima keong mas lantas nego, beres masalah. 

Sama dengan bangkai unggas, keog mas sebaiknya tidak dikasihkan dengan cara langsung. Rebus terlebih dulu keong mas atau bekicot di air mendidih saat beberapa waktu. Perebusan ini fungsinya untuk mengempukan daging, mempermudah pelepasan cangkang, serta membunuh bibit penyakit yang tidak diinginkan. Sesudah di rebus, bebaskan cangkangnya lewat cara dicukil memakai garpu. Lalu, daging keong didinginkan serta dicincang kecil-kecil. 

c. Belatung 
Belatung (maggot) adalah sumber protein yang baik buat ikan lele. Belatung dibuat dari lalat. Ada banyak type belatung yang pas untuk jadikan, diantaranya dari lalat black soldier fly (Hermetia illucens). Kenapa black soldier fly? Karena belatung ini mempunyai kandungan protein kasar sampai 40% serta menurut penelitan BBPBAT pas untuk pakan lele penambahan. 

Untuk membiakkan belatung ini cukuplah siapkan ember, daun pisang, ampas tahu, bekas ikan asin serta dapat ditambahkan kotoran ayam. Triknya masukan ampas tahu menjadi bahan utama dalam ember, lantas imbuhkan air bersih serta aduk sampai rata. Lalu imbuhkan ikan asin serta kotoran ayam, lantas tutup permukaannya dengan daun pisang kering supaya lalat black soldier fly ingin bertelur. Letakkan ember di tempat teduh serta terlindung dari air hujan. 

Sesudah kurang lebih 3 minggu atau mungkin saja kurang dari itu, belatung telah siap dipanen. Triknya campur air pada media kultur, lantas saring untuk memisahkan media kultur dari belatung. Belatung siap dikasihkan menjadi pakan lele. Untuk bahan baku media kultur sekitar 100 kg kurang lebih akan dibuat belatung 60 kg. Lihat, janganlah menaruh belatung fresh kelamaan karena dapat menjadi lalat. 

d. Ikan rucah 
Buat beberapa peternak yang tempatnya bersisihan dengan tempat pelelangan ikan, pilihan ini dapat jadi pilihan yang efisien. Ikan rucah atau ikan bekas tangkaapan yang kecil-kecil yang tidak dikonsumsi manusia umumnya di jual dengan harga terjangkau. Ikan ini dapat kita gunakan untuk pakan lele penambahan. 

Ikan rucah umumnya tidak banyak terkandung tulang atau duri. Buat ikan rucah semacam ini tidak membutuhkan pemrosesan terlebih dulu. Langsung bisa dicincang serta dikasihkan pada lele. Akan tetapi buat ikan yang banyak terkandung tulang atau duri, semestinya di rebus dulu.

Sumber : https://alamtani.com/pakan-lele-alternatif/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.