Header Ads

YUK SIMAK !! Agar Sapi Kamu Gemuk Dengan Pelet

Pelet Untuk Sapi


Kejadian sapi kambing kambing kelinci mati sehabis memakan rumput yang cari di persawahan, sudah paling sering terjadi, ini musababnya sebab rumput tersebut ternoda dengan obat pestisida.

Maka kemudian timbul ide, gimana andai di kasih santap pellet saja….Aneh ya ….memang laksana itu, suatu penemuan baru, bermula dari urusan yang kelihatannya mengada terdapat dan seringkali hampir tidak jarang kali , penemuan baru tersebut berlawanan dengan keilmuan teori. Tapi ndak papa, bermukim nanti hasil akhir bagus atau tidak , akan menimbulkan keilmuan teori yang lebih baru lagi dan tersebut normal…..

Untuk fauna ruminansia besar sapi…di samping pemberian pellet juga dapat di beri Wafer jerami atau rumput. Ini laksana Hay dan silasem Cuma Wafer jerami rumput ini seringkali di cetak block supaya mudah dalam pengaturan di gudang ketika musim kemarau tiba.

Langsung ke penciptaan pellet wae ya…

Bahan :
Jagung : 30 kg

Bekatul : 15 kg
menir : 15 kg
Pollard : 15 kg
Bungkil kedelei 25 kg
Minyak goreng 0,5 kg
Mineral Vitamin : 2-3 kg
Bahan pengawet : 0,02 %

Nilai nutrisi yang di dapat ialah CP 18% dan EM 2762 Kcal/kg, minyak goreng + mineral + vitamin dapat pake vitachick +bahn pengawet tergolong dalam ekstra saja. Bisa di tambahkan tepung kanji 0,5 kg.

Cara mbuatnya :
Semua bahan yang di sebutkan giling menjadi tepung kemudian mix sampai tercampur rata homogeny, bahan tambahan seluruh juga dikumpulkan pada mix kali ini. Lalu perciki bahan tadi dengan air hangat, bikin adonan menjadi “ pero “ setelahitu langsung dapat di cetak pellet atau di kukus dulu 30 menit terhidung dari air mendidih, dinginkan kemudian cetak pellet setelah tersebut jemur atau masukan oven sampai kering lalu dapat di kemas , di gunakan sendiri atau di komersilkan. Soale harga pellet bikin kelinci produk dari pabrikan harganya mahal phol….Rp 19.000/kg. Tentang mesin pellet nya tidak boleh mbayangin yang mahal mahal kan dapat di gunakan alat giling daging, dengan Rp 350.000 telah dapat tersebut alatnya. Jadi jangan dibikin rumit dan susah lalu mematahkan semangat kamu …..
sing urgen action dulu…..





Atau versi alternative ke dua :

Bahan :
Ampas tahu
Kleci kulit ari kedelei
Blendungan kacang Hijau
Bungkil kelapa atau ampas kelapa
Katul
Jagung 

Gimana formula-nya ? kan telah tak kasih tahu gimana metodenya menghitung formula…nah kini coba kamu praktekan. Keilmuan tersebut di nilai berfungsi saat dia di praktekan…bukan melulu sebatas wacana wacana saja, yang melangit awang di pijar fatamorgana.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.