Header Ads

Cara Membuat Pakan Ayam Organik - NusaBudidaya

Cara Membuat Pakan Ayam Organik - NusaBudidaya

Hola bersua lagi di situs arenamesin , pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai "Cara Membuat Pakan Ayam Organik - NusaBudidaya" secara tuntas, mari simak selengkapnya ...

membuat pakan ayamCara Membuat Pakan Ayam Organik – Tingginya harga pakan ayam pedaging yang djual dipasaran serasa membuat peternak ayam tercekik. Pakan dari berbagai produsen memang cukup mengandung gizi dan nutrisi untuk uggas pedaging. Namun demikian, karena harganya mahal maka bisa membengkakan ongkos produksi.

Mengatasi Harga Pakan Yang Mahal

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kita bisa membuat pakan ayam organik dengan memanfaatkan bahan baku murah dan banyak tersedia di sekitar lokasi peternakan. Untuk membuat pakan sendiri juga harus mempertimbangkan dari jumlah unggas yang dipelihara. Jika hanya sedikit, lebih baik membeli pakan yang sudah jadi. Harga bahan baku, juga harus dipertimbangkan karena hal ini berhubungan erat dengan ketersediaan bahan baku di pasaran.

Jumlah yang dibutuhkan per ekor ayam pedaging adalah protein sebanyak 12 – 15% dan energi 2700 kkal per kg. Perhatikan tabel berikut ini.

Bahan Pakan Penggunaan Bahan (kg) Protein (%) Energi (kkal/kg)
Jagung 40 3,44 1360
Dedak 30 3,30 567
Ampas tahu 20 4,40 290
Tepung ikan 10 4,0 290
Jumlah 100 12,14 2783

Kita bisa membuat pakan dalam berbagai bentuk seperti bentuk pelet, butiran atauun bentuk tepung. Bentuk pakan dapat disesuaikan dengan ketersediaan peralatan. Sementara mutu pakan yang dihasilkan tergantung pada pilihan komposisi bahan baku yang akan dimanfaatkan. Apabila komposisi yang teat seperti tabel di atas, maka pakan yang dihasilkan pasti padat gizi dan sesuai dengan kebutuhan ayam pedaging kita.

Cara Membuat Pakan Ayam Organik - NusaBudidaya

Cara Membuat Pakan Ayam Organik

Untuk membuat pakan ayam organik, berikut beberapa hal yang perlu kita lakukan.

Menyiapkan Peralatan

Siapkan sekop yang akan kita gunakan sebagai alat pencampur bahan bahan pakan. Siapkan pula penggilingan biji bijian yang akan kita gunakan untuk menghaluskan bahan baku pakan ayam hingga berbentuk tepung. Perlu dipersiapkan pula alat penggilingan daging dan ayakan yang akan kita gunakan untuk membuat pakan dalam bentuk pelet dan butiran. Selain itu, siapkan kukusan yang akan kita gunakan untuk mengukus. Kukusan dapat dibuat dari drum atau dapat juga digunakan dari alat penanak nasi.

Membuat Pakan Ayam Tepung

Cara membuat pakan ayam dalam bentuk tepung, sangatlah mudah dan sederhana. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Bahan baku untuk pakan ditakar sesuai dengan formula pakan seperti tabel diatas.
  • Kemudian bahan bahan baku tersebut dihaluskan.
  • Setelah halus, bahan ditakar lagi untuk keakuratan lalu dicampurkan menjadi satu.
  • Pencampuran dilakukan mulai dari bahan yang paling sedikit hingga yang komposisinya paling besar.
  • Campuran pakan dianggap merata apabila tidak ada lagi bahan yang kelihatan dominan baik bentuk maupun aromanya.
  • Simpan pakan di tempat yang bersih.

Pembuatan Pakan Ayam Pelet

Sebenarnya pakan berbentuk tepung itu bisa dibuat menjadi pelet. Namun, apabila menghendaki bahan lain yang digunakan, maka berikut ini cara membuat pelet.

  • Siapkan bahan baku kemudian ditakar sesuai formula yang diinginkan.
  • Bahan yang sudah ditakar kemudian digiling halus.
  • Bahan ditakar lagi untuk keakuratan.
  • Campurkan bahan kering terlebih dahulu yang dimulai dari bahan yang jumlahnya paling sedikit.
  • Campurkan bahan bahan cair dengan cara penyemprotan secara merata, lalu aduk.
  • Lanjutkan dengan proses penguapan atau dikukus.

Untuk membentuk pakan menjadi pelet, gunakan penggilingan daging dengan ukuran lobang sekitar 2 – 5 mm. Setelah adonan digiling, hasilnya akan berupa batangan basah. Potong batangan basah sepanjang 3 cm. Lakukan pemotongan ini pada saat penggilingan. Selanjutnya proses pengeringan, setelah kering, patahkan batangan ini sepanjang 1 – 2 cm.

Pembuatan Pakan Butiran

Cara membuat pakan ayam berbentuk butiran hampir sama dengan pembuatan pakan bentuk tepung dan pelet. Setelah bahan digiling halus, ditakar dan dicampur kemudian adonan diayak. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan ayakan berlubang dengan diameter 3 – 4 cm.
  • Letakkan adonan di dalam ayakan.
  • Adonan ditekan tekan hingga bentuk butiran keluar dari dasar ayakan.
  • Agar bentuk butiran bagus, maka jangan biarkan hasil cetakan menumpuk.
  • Setelah itu, keringkan cetakan pakan ayam berbentuk butiran tersebut.

Untuk menjaga mutu pakan, sebaiknya pakan dikemas dalam kantung plastik dan disimpan dalam gudang atau tempat penyimpanan yang memiliki ventilasi yang baik. Waktu penyimpanan sebaiknya paling lama dua minggu. Untuk menjaga agar karung tidak bersinggungan langsung dengan lantai, sebaiknya di bagian alasnya diberikan kayu.

Cara Membuat Pakan Ayam Organik - NusaBudidaya

Demikian beberapa langkah membuat pakan ayam organik yang dapat anda praktikan sendiri. Dengan membuat pakan sendiri, maka kita dapat mengurangi biaya produksi ternak ayam. Meskipun biaya produksi yang rendah, usahakan tetap memaksimalkan kebutuhan gizi dan nutrisi agar produksi daging berkembang cepat dan  bobot ayam pedaging meningkat secara optimal.

Begitulah pembahasan "Cara Membuat Pakan Ayam Organik - NusaBudidaya" terima kasih atas kunjungannya

konten ini dikelompokkan ke dalam kategori cara membuat pakan ayam pedaging, cara membuat pakan ayam potong sendiri, cara membuat pakan ayam pedaging murah,

konten ini bersumber dari https://nusabudidaya.com/cara-membuat-pakan-ayam-organik/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.