Header Ads

PEMANFAATAN KOTORAN AYAM SEBAGAI PAKAN AYAM Pakan Ayam 94

PEMANFAATAN KOTORAN AYAM SEBAGAI PAKAN AYAM

Allow, selamat sore, pada kali ini akan membawa pembahasan mengenai pakan ayam 94 PEMANFAATAN KOTORAN AYAM SEBAGAI PAKAN AYAM yuk baca lebih rinci

PEMANFAATAN KOTORAN AYAM SEBAGAI PAKAN AYAM

Universitas Sanata Dharma

Yogyakarta

2014

Disusun oleh :

Ø 

DIONISIUS LEGIONIS NANDA ANGELUS (022)

Ø 

FRANSISKA AWANG NILAMAYA (026)

Ø 

CATARINA MANDROH (008)

DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN…………………………………3

1.1              

LATAR BELAKANG…………………………….....3

1.2              

RUMUSAN MASALAH…………………………….3

1.3              

TUJUAN……………………………………………...3

PEMANFAATAN KOTORAN AYAM SEBAGAI PAKAN AYAM

1.4              

LUARAN……………………………………………..

BAB 11 LANDASAN TEORI……………………………..4-5

BAB 111 PEMBAHASAN…………………………………6

3.1 MANFAAT SINGKONG……………………………...6-7

3.2 LANGKAH PEMBUATAN ETANOL……………….8-9

BAB V1 PENUTUP………………………………………...10

4.1 KESIMPULAN…………………………………………10

4.2 SARAN………………………………………………….10

4.3 DAFTAR PUSTAKA…………………………………...11

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1              

Latar Belakang Penulisan Makalah

Ayam biasanya mengeluarkan fases (kotoran ayam) yang sering kali dianggap sebagai hal yang menjijikan, baunya tidak sedap, dan sangat mengganggu. Kotoran ayam sering kali dianggap tidak penting dan dibuang begitu saja. Kotoran ayam banyak menimbulkan permasalahan bagi sebagian peternak, hal ini tidak jarang menimbulkan protes dari warga di sekitar  peternakan yang bersekala rumah tangga yang tidak mempunyai tempat yang khusus sebagai lokasi area khusus peternakan . Limbah ternak  adalah sisa buangan dari suatu kegiatan usaha peternakan seperti usaha pemeliharaan ternak, rumah  potong  hewan, pengolahan produk ternak, dll. Limbah tersebut meliputi limbah  padat  dan limbah cair seperti feses, urine, sisa makanan, embrio, kulit  telur, lemak, darah, bulu, kuku, tulang, dan  sebagainya. Apabila usaha peternakan semakin berkembang maka limbah yang dihasilkan  juga akan  semakin banyak. Para peternak ayam biasanya membeli pakan ayam sendiri dan mengeluarkan banyak biaya, disini kami menginformasikan kepada perternak ayam untuk meminimalisir biaya pangan ternak tersebut dengan memanfaatkan kotoron ayam yang diolah menjadi pakan ayam.

     1.2 Rumusan Masalah

     Adapun masalah yang ingin kami bahas pada makalah ini adalah sebagai berikut:

1.                 

Apa saja manfaat kotoran ayam?

2.                 

Bagaimana cara pembuatan kotoran ayam sebagai pakan ayam?

1.3 Tujuan

1.      

Untuk mengetahui manfaat kotoran ayam.

PEMANFAATAN KOTORAN AYAM SEBAGAI PAKAN AYAM

2.      

Untuk menginformasikan kepada masyarakat khususnya peternak ayam untuk meminimalisir biaya pakan ayam.

3.      

Menyelesaikan tugas penulisan ilmiah.

1.3. Metode Penulisan

       Untuk mendapatkan data dan informasi yang diperukan, penulis menggunakan metode observasi atau tehnik pengamatan langsung. Tidak hanya itu, kami juga mengambil dari media internet.

BAB II

LANDASAN TEORI

Ayam peliharaan (Gallus gallus domesticus) adalah   yang  biasa dipelihara  orang  untuk  dimanfaatkan  untuk  keperluan  hidup  pemeliharanya. Ayam peliharaan (selanjutnya disingkat "ayam" saja) merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies yang dikenal sebagai (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). Kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan unggul atau galur murni dengan bermacam-macam fungsi; yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Ayam biasa dapat pula dikawin silang dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, yang menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal sebagai .

Dengan populasi lebih dari 24 miliar pada tahun 2003, Firefly's Bird Encyclopaedia menyatakan ada lebih banyak ayam di dunia ini daripada burung lainnya. Ayam memasok dua sumber protein dalam )

 Pakan adalah makanan/asupan yang diberikan kepada (peliharaan). Istilah ini diadopsi dari . Pakan merupakan sumber dan bagi dan dan kehidupan makhluk hidup. Zat yang terpenting dalam pakan adalah . Pakan berkualitas adalah pakan yang kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitaminnya seimbang.

Bagi semua , pakan mempunyai peranan sangat penting sebagai sumber energi untuk pemeliharaan

.

Selain itu, pakan juga dapat digunakan untuk tujuan tertentu, misalnya untuk menghasilkan warna dan rasa tertentu. Fungsi lainnya diantaranya yaitu sebagai pengobatan, dll. Namun pemberian pakan berlebih dapat membuat hewan peliharaan menjadi rentan terhadap penyakit, produktifitasnya pun akan menurun.

Pakan buatan adalah pakan yang disiapkan oleh manusia dengan bahan dan komposisi tertentu yang sengaja disiapkan oleh manusia. Pakan buatan bersifat (cairan pekat), tidak perlu disimpan. Jenis pakan basah sebaiknya dihabiskan dalam satu kali pemberian/ aplikasi karena pakan jenis ini mudah rusak jenis kandungannya. Namun bila memang harus disimpan, sebaiknya disimpan dalam ruangan pendingin (lemari es), itu pun tidak bisa terlalu lama, hanya 2 s.d 3 hari. Jika terlalu lama disimpan, kualitas pakan turun dan tidak bagus untuk dikonsumsi. yang digunakan untuk menentukan kualitas pakan buatan harus memenuhi beberapa syarat diantaranya , bernilai gizi, mudah dicerna, tidak mengandung , mudah diperoleh, dan bukan merupakan kebutuhan pokok manusia .

Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan pakan buatan, diantaranya yaitu, bahan baku pakan dapat berupa limbah industri , dan makanan yang bernilai ekonomi rendah, tetapi masih mengandung nilai gizi yang cukup tinggi. Pakan buatan juga dapat disimpan dalam waktu relatif lama, tanpa terjadi perubahan kualitas yang drastis. Dengan demikian kebutuhan pakan dapat terpenuhi setiap saat. Selain itu pakan buatan juga dapat mengubah warna dan rasa, contohnya pada ikan. Penambahan pada jumlah tertentu menjadikan daging ikan bertambah gurih. Selain itu pemberian kepompong ulat sutera dapat memperbaiki aroma daging ikan. Penambahan ekstrak bunga marigold ke dalam pakan, seperti banyak yang dilakukan oleh petani di Jepang, dapat menghasilkan aroma daging ikan yang lebih baik dan warna yang lebih menarik.( id.wikipedia.org/wiki/Pakan)

BAB III

PEMBAHASAN

3.1              

Manfaat Kotoran Ayam

Dalam pemeliharaan ayam pedanging maupun ayam petelur (unggas) akan ngenghasilkan limbah yang mempunyai nilai nutrisi yang cukup tinggi. Jumlah kotoran ayam /limbah yang dikeluarkan setiap harinya banyak, ratarata per ekor ayam 0, 15 kg (CHARLES dan HARIONO, 199 1). FONTENOT et al. (1983) melaporkan bahwa rata-rata produksi buangan segar ternak ayam petelur adalah 0,06 kg/hari/ekor, dan kandungan bahan kering sebanyak 26%, sedangkan dari pemeliharaan ayan pedaging kotoran yang dikeluarkan sebanyak 0, 1 kg/hari/ekor dan kandungan bahan keringnya 2 5%.

Kotoran ayam terdiri dari sisa pakan dan serat selulosa yang tidak dicerna. Kotoran ayam mengandung protein, karbohidrat, lemak dan senyawa organik lainnya. Protein pada. kotoran ayam merupakan sumber nitrogen selain ada pula bentuk nitrogen inorganik lainnya. Komposisi kotoran ayam sangat bervariasi bergantung pada jenis ayam, umur, keadaan individu ayarn, dan makanan (FOOT et al., 1976).

pakan  yang diberikan pada ayam pedaging biasanya dengan kandungan kualitas atau kandungan zat gizi pakan terdiri dari protein 28-24%, lemak 2,5%, serat kasar 4%, Kalsium (Ca) 1%, Phospor (P) 0,7-0,9%, ME 2800-3500 Kcal. Dengan melihat pakan yang demikian bagus maka kita dapat menyimpulkan limbah / ekskreta yang dihasilkan masih mempuyai nilai nutrisi yang masih tinggi, apa lagi sisitem pencernaan unggas lambung tunggal dan proses peyerapan berjalan sangat cepat sehingga tidak sempurna masih banyak kandungan nutrisi yang belum terserap dan di buang bersama dengan feses. Dalam pemeliharan ayam kita juga masih banyak melihat pakan yang tercecer jatuh kedalam feses sekitar 5-15% dari pakan yang di berikan, atau pun telur yang pecah dalam kandang hal ini akan meningkatkan nilai nutrisi yang ada dalam feses.

KANDUNGAN NUTRISI FESES AYAM POTONG/ PETELUR ADALAH:

Nutrisi

Kandungan

Protein Kasar

Serat Kasar

Abu

calium

Phospor

Garam

TDN

energi

19,94 %

8,47-14,90%

3,0 – 3,5%

1-3,2%

1-3,2%

0,20%

90%

2500 Kcal

3.2              

Langkah pembuatan pakan ayam dari kotoran ayam

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.                  

Masukkan kotoran ayam ke dalam bak/timba sebanyak 10kg

2.                  

Tambahkan EM4 atau Bakteri pengurai di campur dengan air.

3.                  

Siramkan pada kotoran ayam hingga merata dan lembab agak basah.

4. Jika pada awal memang sudah ada belatungnya, wadah tidak perlu        ditutup rapat, cukup dibiarkan saja hingga 5 hari.

5. Jika belum ada belatung, wadah ditutup rapat hingga 5 hari baru kemudian dibuka agar lalat bertelur dan muncullah maggot atau belatung.

6. Pakan Fermentasi kotoran ayam siap diberikan ke ayam.

BAB III

 PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Kotoran ayam yang biasanya dianggap kurang bermanfaat ternyata memiliki manfaat untuk pakan ayam itu sendiri. dan dapat meminimalisirkan biaya pakan ayam.

4.2 Saran

Kami mengusulkan atau menginformasikan kepada masyarakat khususnya para peternak ayam untuk mencoba membuat pakan ayam dari kotoran ayam tersebut, dengan begitu para peternak mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan membeli pakan ayam (jagung, beras, dll) sendiri.

4.2 DAFTAR PUSTAKA

id.wikipedia.org/wiki/Ayam

Sekian pembahasan tentang PEMANFAATAN KOTORAN AYAM SEBAGAI PAKAN AYAM semoga tulisan ini bermanfaat terima kasih

Sumber ini diposting pada kategori pakan ayam 94, manfaat pakan ayam 94, pakan ayam bangkok 94,

konten ini bersumber dari https://lundayeh97.blogspot.com/2015/05/pemanfaatan-kotoran-ayam-sebagai-pakan.html

Dan bila anda membutuhkan mesin proses pelet bisa hubungi kami ya. Mesin Crumble,  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.